Sabtu, 11 November 2017
BENTURAN LOGIKA DGN KETERBATASANNYA DLM PERSPEKTIF AL QUR’AN
Dijelaskan dalam al Qur’an bahwa Iblis adalah sosok makhluk y angkuh, durhaka, serta berani menolak perintah Allah SWT ketika sujud dihadapan Adam a.s. Lihat saja kedurhakaannya y sangat luar biasa kpd Allah SWT pd waktu itu :
{وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِينَ} [البقرة : 34]
"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam," maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir".
{وَلَقَدْ خَلَقْنَاكُمْ ثُمَّ صَوَّرْنَاكُمْ ثُمَّ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ لَمْ يَكُن مِّنَ السَّاجِدِينَ} [الأعراف : 11]
"Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: "Bersujudlah kamu kepada Adam", maka merekapun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud".
{وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوا لِآدَمَ فَسَجَدُوا إِلَّا إِبْلِيسَ كَانَ مِنَ الْجِنِّ فَفَسَقَ عَنْ أَمْرِ رَبِّهِ ۗ أَفَتَتَّخِذُونَهُ وَذُرِّيَّتَهُ أَوْلِيَاءَ مِن دُونِي وَهُمْ لَكُمْ عَدُوٌّ ۚ بِئْسَ لِلظَّالِمِينَ بَدَلًا} [الكهف : 50]
"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: "Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turanan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (dari Allah) bagi orang-orang yang zalim."
Dr kutipan beberapa ayat diatas sudah explisit dan clear bhw memang Iblis itu bersifat arogant y sangat luar biasa dr Legitimasi atau resolusi dr Allah u sujud kpd Adam a.s.. Bgmn mungkin Tuhan semesta alam y dijadikan sebagai lawan debat pd pd waktu itu sehingga Legitimasi dan resolusi dr Tuhan, mrk enggan bersujud kpd adam. a.s.
Begitulah Mereka menggunakan akal diluar keterbatasan y tdk dpt menembus arti y sesungguhnya sehingga logika y mrk pakai berakibat fatal serta diluar dr koordinir kebenaran, sebab ketika logika akal itu dibenturkan dgn keterbatasannya secara paksa maka akan berakibat fatal y sangat luar biasa.
Bgtulah Iblis dlm mendahulukan logika berfikir di hadapan sang Khaliq sehingga berujung kutukan tanpa batas zaman.. Iblis tidaklah ateis atau agnostik. Iblis tidak mengingkari adanya Tuhan. Iblis tidak meragukan wujud maupun ke-Esaan-Nya. Iblis bukan tidak kenal Tuhan. Ia tahu dan percaya seratus persen. Tetapi, meskipun ia tahu kebenaran, ia disebut kafir, karena mengingkari dan menolak untuk tunduk patuh kepada Tuhan YME.
Oleh karena itu jgn benturkan logika akal dgn keterbatasannya y bisa berakibat sangat fatal.
Sembahlah Tuhanmu dgn penuh keikhlasan dan tawakkal, toh akal logika manusia hanya berada pd siklus perspektif manusia itu sendiri.
RIWAYAT PENULIS
- Nama : Ahmad Muntazar.S.H, M.Ag
- Tempat/tanggal lahir : Bulukumba, 01-08-1994.
- Jenis kelamin : Pria.
- Status : Belum Menikah.
- Agama : Islam.
- Kewarganegaraan : Indonesia.
- Alamat : Jln. Gotong Royong, Kel. Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan.
- No.Hp : 085398036553.
- Email : isarmuntaz@gmail.com
- 2016 - 2019: Pascasarjana Magister Hukum Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta
- 2013 – 2020 : LIPIA Jakarta, Fakultas Syariah.
- 2012 – 2016 : Sarjana S1 (SH), Fakultas Hukum (Ahwal As-syakhshiyah), Instiut Al Aqidah Al Hasyimiyah, Jakarta.
- 2009 – 2012 : MA Pesantren Darul Istiqamah, Ka. Sinjai, Sulawesi Selatan.
- 2006 – 2009 : MTs Pesantren Darul Istiqamah, kab. Sinjai, Sulawesi Selatan.
- 2000 – 2006 : SDN 203 Bontomacinna.
- 1999 – 2000 : TK Bontomacinna.
- Juara 2 Lomba Olimpiade IPA tingkat SD. Tahun. 2005.
- Juara 1 Lomba Qiraatul Qutub (Baca Kitab Gundul) tingkat kabupaten, Tahun 2011.
- Juara 1 Lomba Cerdas Cermat tingkat Kecamatan, Tahun 2011.
- Juara 1 Lomba Cerdas Cermat tingkat Kabupaten, Tahun 2012.
- Bahasa Arab, Lisan : Baik, Tulisan : Baik.
- Bahasa Inggris, Lisan : Baik, Tulisan : Baik
Kamis, 09 November 2017
PANCASILA BUKAN UNTUK MENINDAS HAK KONSTITUSIONAL UMMAT ISLAM
Pancasila adalah sebuah ideologi, asas negara Republik Indonesia. Ketika roda ketentuan hukum berjalan maka asas paling tertinggi adalah pancasila. Sebagaimana kita ketahui bahwa sejarah pembentukan ideologi bangsa dimotori, dikordinir, dan dibentuk oleh para alim ulama Indonesia. Setelah penjajah Jepang kalah dari pasukan sekutu maka mereka memutuskan untuk menyerah dari negara indonesia dan memberikan rekomendasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Nah pada waktu itulah indonesia mempersiapkan kemerdekaan dengan membentuk BADAN PENYELIDIK USAHA PERSIAPAN KEMERDEKAAN atau disebut dgn BPUPK. Yang mn badan in beranggotakan Sembilan org dan termasuk tokoh islam Indonesia pd waktu itu. Jadi, Pancasila sebenarnya bukanlah rumusan seorang Bung Karno sendirian. Pancasila saat ini adalah hasil kesepakatan tokoh-tokoh bangsa yang memiliki berbagai aspirasi ideologis, termasuk para tokoh Islam yang tergabung dalam Panitia Sem bilan di BPUPK, yaitu KH Wahid Hasyim, Haji Agus Salim, Abikoesno Tjokrosoejoso, dan Abdul Kahar Muzakkir. Sehingga y harus kta pahami adlah pancasila adalah sebuah ideologi dr pemikiran manusia sedangkan agama adalah sebuah aqidah y berasal dr Allah SWT y menjadi harga mati bagi ummat islam sehingga pancasila tidak bertentangan dgn islam.. Terlepas dari berbagai macam perumusan dan penafsiran pancasila maka y berhak u dijadikan patokan penafsiran pancasila ialah penafsiran y ikut andil dlm penetapan dan pembentukan ideologi negara (pancasila) termasuk di dlmnya para tokoh islam. Nah apkah pancasila bertentangan dgn islam dan menindas hak konstitusional ummat islam?? Mari kita teliti konteks pancasila secara Histori, empiris dan akademik..
- Sila pertama: KETUHANAN YANG MAHA ESA
Kata ESA yaitu tunggal. sesungguhnya memberikan petunjuk mengenai siapa “Tuhan Yang Maha Esa” dalam sila “ketuhanan Yang Maha Esa”. Tidak lain dan tidak bukan yang dimaksud “Tuhan Yang Maha Esa” adalah Allah. Dalam kaitan dengan hal tersebut amat terang benderang bagaimana pengaruh Islam dalam perumusan Pancasila. “Allah” jelas merupakan konsep Tuhan khas Islam yang tidak ditemukan dalam agama-agama lain. Jadi jelas bhwa sila pertama adalah sila ketauhidan لاإله إلا الله "tdk ada Tuhan selain Allah SWT". Kemudian bukti bahwa y dimaksud Tuhan pd sila pertama itu Allah SWT yaitu kalimat dalam pembukaan UUD 1945 yang menyebutkan bahwa kemerdekaan adalah “berkat rahmat Allah”. Sebagaimana firman Allah SWT (Q.S Al ikhlas):
.قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ
"katakanlah: Dialah Allah Tuhan yang Maha Esa"
Apakah bertentangan?? Jawabannya :TIDAK.
- sila kedua: KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB.
Sila kedua in tidak bisa ditafsirkan secara bebas tanpa memerhatikan asas tauhid yang terkandung dalam sila pertama apalagi kata “adil” dan “adab” yang terdapat dalam sila tersebut adalah kata serapan dari bahasa Arab dan merupakan bagian konsep-konsep kunci dalam Islam. Pembuktian secara Histori Kata “adil” dan “adab” baru dikenal setelah masuknya Islam ke Nusantara dan belum ada dalam kosa kata asli bahasa-bahasa lokal di Nusantara. Sehingga terlihatlah perang para tokoh islam dlm perumusan pancasila dgn memakai kata "Adab" dan "adil" y bersumber dr islam.. Apakh bertentangan?? Jawabannya TIDAK
- Sila ketiga : PERSATUAN INDONESIA.
Sila ketiga in adalah sila y menganjurkan u sll bersatu dlm kebenaran. Sebagmn firman Allah (Q.S Al Hujrat: 10)
إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ
“Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu mendapat rahmat. “
Oleh krn itu jelas bhw ideologi sila ke 3 merupakan bentuk dr hsil ayat tsb. Apakah bertentangan.?? Jawabannya: TIDAK.
-sila keempat : KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT KEBIJAKSANAAN DALAM PERMUSYAWARATAN/PERWAKILAN.
Sila keempat ini menjelaskan bahwa dalam mengambil keputusan bersama harus dilakukan secara musyawarah yang didasari oleh hikmad kebijaksanaan.Dalam konsep Islam, hal ini sesuai dengan istilah mudzakarah (perbedaan pendapat) dan syura (musyawarah). Kemudian Dlm pembuktian secara Histori bhwa kata Musyawarah brasal dr kata bhs arab sehingga kata in juga menjadi kata y dipakai dlm bhs indonesia sebab belum ada kosa kata bhs asli dlm bahasa-bahasa lokal pd waktu itu. Sehingga dpt dipahami bhwa kata tersebut bersifat islami y dipakai oleh tokoh islam dlm perumusan pancasila. Itulah sebabnya pemerintah negara sangat keliru dan menyimpan dlm menentukan pemilihan pemimpin dlm pemerintahan Indonesia y harusnya di dasarkan dgn jln Musyawarah bukan dgn sistem voting atw Demokrasi. Sbgmn firman Allah (Q.S As syuroh:38)
وَالَّذِينَ اسْتَجَابُوا لِرَبِّهِمْ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَمْرُهُمْ شُورَىٰ بَيْنَهُمْ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنفِقُونَ“Dan (bagi) orang-orang yang menerima (mematuhi) seruan Tuhannya dan mendirikan salat, sedang urusan mereka (diputuskan) dengan musyawarah antara mereka; dan mereka menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka. “
Sudah jelas bhw kata Musyawarah diadopsi dr Alquran. Apakah bertentangan?? Jawabannya TDK.
- sila kelima : KEADILAN SOSIAL BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA.
sila in adalah sila penutup ideologi negara Republik Indonesia y berdasarkan keadilan bgi seluruh rakyat Indonesia dr Sabang sampai Merauke, semuanya sama dimata hukum. Dan jelas in adalah salah satu ajaran agama islam sehingga tokoh islam y berperan dlm perumusan pancasila mengambil rujukan dlm Alquran. Sbgmn Firman Allah SWT (Q.S An Nisa:58)
وَإِذَا حَكَمْتُم بَيْنَ النَّاسِ أَن تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ ۚ
"Dan apabila kalian menetapkan hukum diantar manusia mka tetapkanlah secara adil"
Apakah bertentangan?? Jawabannya :TIDAK
Dari penafsiran pancasila secara pendekatan Histori dan empiris diatas mka sudah jelas bahwa dasar Negara Republik Indonesia yaitu pancasila tdk bertentangan dgn islam dan bukan untuk menindas hak konstitusional ummat islam. Dengan demikian tidaklah tepat apabila ada segolongan kecil umat masih mempertentangkan Negara pancasila dengan al-qur’an. Cuman mereka blom tau nilai-nilai keislaman dlm pancasila tsb. Dan saya ulangi sekali lagi bhwa agama islam adalah persoalan aqidah sedang pancasila adalah hanya sebuah ideologi bangsa. itulah sebabnya sehingga pengetahuan org awam dgn intelektual sangatlah berbeda. Sehingga mereka dgn mudah nya mengharamkan sesuatu tanpa melakukan pendekatan secara akademik y berlandaskan dgn kitabullah dan Hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
Kemudian setelah kita mengetahui rumusan penafsiran pancasila maka saya berpendapat bahwa negara Indonesia adalah NEGARA ISLAM, y memiliki ideologi keislaman sebab Negara Republik Indonesia tdk pernah dimerdekakan dgn kata haleluyah tp negar Republik Indonesia dimerdekakan dgn kalimat ALLAHU AKBAR.. Oleh krn itu sebenarnya tdk ada larangan formalisasi syariah di negara ini.. Mengapa? Krn Secara historis terbukti bahwa ketika UUD 1945 diberlakukan kembali lewat Dekrit Presiden 5 Juli 1959 Presiden Soekarno menyatakan bahwa Piagam Jakarta “menjiwai Undang-undang Dasar 1945 dan adalah merupakan suatu rangkaian kesatuan dengan konstitusi tersebut”. Itu berarti bahwa 7 kata yang terdapat dalam Piagam Jakarta yang menjamin kewajiban pelaksanaan syari’ah bagi umat Islam Indonesia, juga diakui secara legal-formal sebagai “jiwa” dan bagian yang tak terpisahkan dari UUD 1945 yang masih berlaku hingga kini. Dengan demikian tidak ada alasan untuk menolak formalisasi syari’ah dengan dalih inkonstitusional. Tp itulah... Negara tdk pernah salah tp y mengelola negara in y salah..
TINJAUAN HAM DARI SEGI HISTORIS
Kita jg menyadari bahwa di tengah-tengah mayoritas ummat islam negeri in, persoalan2 HAM, politik, ekonomi, dan bahkan semua persoalan y dihadapi oleh masyarakat memerlukan rujukan-rujukan keagamaan y kuat, oleh krn itu persoalan2 HAM harus dicairkan, atau bahkan di dasarkan pd doktrin agama y ttp hidup di tengah2 masyarakat.
Persoalannya ada kesan y kuat seolah2 islam dan ummat islam tdk concern pd persoalan2 HAM. Dan saya kira in adalah kecenderungan umum dikalangan sarjana y dididik di bebagai Universitas. Mereka ini terlalu banyak membaca literatur2 Barat dan Sosialis ttp tdk sempat mengkaji Khazanah literatur islam. Oleh karena itu agak salah anggapan bnyak org y menganggap persoalan HAM hanya berakar pada ideologi liberalisme dan individualisme. Sebab sejarah tlh bersaksi bahwa semua perjuangan atw tuntutan2 Tentang HAM lahir bkan dr paham liberalisme dan individualisme ttp sebagai reaksi atas penindasan oleh suatu kelompok terhadap kelompok y lain, itulah terjadi skrg ini terhadap saudara2 seiman kita di Palestina. Dan ini suatu bukti bahwa mereka y menindas mengaku Demokratis tp kekosongan HAM Sama sekali, disebkan bahwa HAM tdk lahir dr paham literatur2 Barat. Oleh krn itu y harus kita catat bahwa ajaran HAM dlm agama islam ternyata bukanlah semata2 persoalan doktrin y normatif, ttp ia juga merupakan persoalan empiris dlm sejarah. Ini terlihat bgmn Nabi Musa a.s, Nabi Ibrahim a.s dan Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam sepanjang hidupnya berjuang u menegakkan HAM dan menentang kecenderungan tirani dr siapa saja saat para Nabi itu menjalankan tugas kenabiannya..
KETIKA NEPOTISME BERBUAH KOLUSI
Kalau kita berbicara tentang NEPOTISME dlm penegakan hukum dan keadilan di Indonesia in sudah menjadi rahasi umum. Oleh karena itu persoalannya terletak pd manusia y menduduki jabatan dlm sistem itu. Jika ada sistem y baik dan manusia y ada di situ juga baik maka akan baiklah semua sebagaimana y diharapkan. Jika sistem kurang baik, ttp manusianya baik, masih dpt juga kita harapkan krn sistem itu mengkordinir manusianya. Lain keadaannya jika sistem sudah buruk manusianya juga buruk. Ini malapetaka namanya. Dgn sistem y ada skrg, MA kita sudah memadai. Ttp mengapa di dlm pelaksanaan tugasnya, seringkali MA mengecewakan masyarakat?..
Oleh krn itu secara normatif, badan2 peradilan adalah pihak y netral. Ia hanya berpihak kepada keadilan dan hukum dan tdk bisa di intervensi oleh siapapun. Hakim tidak memihak pd pemerintah atau pd rakyat. Hakim hanya memihak pd keadilan dan hukum sehingga tdk melakukan NEPOTISME y tdk merugikan rakyat dan bangsa ini.
Masyarakat kita sudah menyadari bahwa ada kejanggalan, penyimpangan, sesuatu y rusak dlm instansi2 pengadilan dan hukum y harus diperbaiki. Yaitu gejala semakin melemahnya moral kita sebagai sebuah bangsa. Batas2 antara kebenaran dan kesalahan, kebaikan dan keburukan, y ma'ruf dan munkar menjadi samar2. Dlm hal ini masyarakat sudah memasuki kecenderungan materialistis y semakin besar, seringkali segala sesuatu dpt diatur sgn kekuatan harta benda. Sehingga nilai2 moral dikesampingkan dan dicampakkan..
Ketika instansi2 negara sudah melakukan NEPOTISME dlm penegakan hukum dan keadilan maka Tunggulah KOLUSI y sangat berdampak besar bagi bangsa dan negara.
HARI BERDUKA
Kekayaan alam bangsa kita sudah dieksploitasi bgt sedemikian rupa oleh bangsa2 lain dgn memanfaatkan ketertinggalan kita diberbagai sektor bidang. Kita harus berfikir jauh kedepan, jgn sampai generasi kita skrg ini dikutuk dan disumpahi oleh generasi2 y akan dtng, krn tdk ada ap2 lgi y kita wariskan kpd mrka, kecuali kemiskinan dan kesengsaraan serta hutang luar negeri y demikian menyesakkan dada.
Terlalu banyak kelemahan y tdk dpt kita sebutkan satu demi satu di negara tercinta in. Namun secara pribadi saya berharap sebagai bangsa, kita tdk boleh patah semangat dan kemudian merasa lebih kecil dan tdk berarti. Gejala merosotnya rasa percaya diri pd bangsa kita akhir2 ini sungguh memperhatikan kita bersama disebabkan dgn kebijakan2 y cacat logika. Sering kali kita merasa tdk berdaya, la lu kemudian menyerah bg2 saja. Memang pemerintah skrg ini tdk melihat langsung suara2 rakyatnya walaupun MPR dan DPR adalah penjelmaan suara rakyat y merancang, membentuk serta meratifikasi segala bentuk kebijakan y hanya mementingkan kepentingan individualisme dan mengabaikan kepentingan sosial... PERBAIKILAH NEGERI INI...
JIHAD KONSTITUSI
Kebanyakan Masyarakat awam y blom paham dgn ilmu Agama, mereka ketakutan dgn adanya tulisan, gagasan tentang kata JIHAD. Jihad klo di lihat secara hitam putih, berarti berperang dgn senjata yaitu JIHAD diartikan dgn SENJATA dan DARAH. Sehingga mrk akan menjadi tertekan dgn kata sakral tersebut, seolah2 kata JIHAD itu adalah kata y sangat menakutkan. Jihad konstitusi dlm hal in bukan dlm arti hitam putih dgn arti y sempit akan ttp jihad dlm arti y luas y tdk mencederai mentalitas.
JIHAD KONSTITUSI adalah sebuah dekrit y luar biasa u menyelamatkan bangsa dan Negara dr ideologi komunisme, kapitalisme dan sosialisme y dianut oleh pemerintahan Barat dan Negara lain. Nah inilah sistem2 y mereka buat y mana pada dasar nya meruntuhkan UUD bahkan mencederai Ideologi terbesar Indonesia yaitu PANCASILA, y mengandung Ketauhidan dan nilai2 keislaman y ada di dlmnya.. Jihad Konstitusi inilah y melawan, serta jln dlm menghancurkan semua Ideologi2 perusak PANCASILA. Nahh.. Pertanyaannya adalah knpa Dekrit Jihad ini harus di galakkan dlm Konstitusi dlm bernegara? Jawabannya adalah krn Jihad konstitusi merupakan gerakan pembaruan di bidang hukum dan upaya korektif yang dilakukan melalui jalur formal, yakni dengan mengajukan uji materi kepada Mahkamah Konstitusi serta kritik terhadap sejumlah undang-undang yang dinilai bertentangan dengan UUD 1945 dan Konstitusi Negara, serta merugikan Rakyat Indonesia.
Sebagai contoh, Pasal 33 ayat 3 y berbunyi:
"Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat."
Akan Tetapi mirisnya, kekayaan alam yang seharusnya menjadi aset berharga negara malah telah dikuasai 80 persen oleh bangsa asing. Kondisi bangsa Indonesia sudah sangat mengkhawatirkan sehingga tanpa dukungan dan kebijakan semua elemen bangsa makan lambat laun seluruh aset akan jatuh ke tangan orang asing.
Bangsa Indonesia memang telah merdeka sebagai sebuah negara yang berdaulat dan diakui oleh PBB, tetapi dalam hal aset negara, Indonesia saat inu masih dan sedang dijajah. Kebanjiran investor luar negeri membuat negara kita ini akan dikuasai asetnya oleh bangsa asing. Berikut ini beberapa aset Indonesia yang sudah di campur tangani oleh asing. Sehingga semua hasil tambang Indonesia dikuasai oleh asing, pulau2 telah diprivatisasi serta perbankan telah di nahkodai oleh kapitalisme, Dll. Dan ini adalah suatu hal y sangat keliru dan menyimpan di dlm Negara Indonesia y hanya merugikan Rakyat Indonesia Sehingga Jihad Konstitusi itu harus digalakkan, sehingga sesuai dgn Konstitusi dan Harapan Rakyat Indonesia.
ILMU ITU TIDAK DIKOTOMI
Di zaman ke tiga ini yaitu zaman Remormasi Ilmu telah berkembang pesat dan sangat drastis. Teori2 dlm berbagai bidang Ilmu telah bermunculan sedemikian rumit dan bervariasi. Sehingga Ilmu y telah berkembang skgr in harus di integrasikan ke dlm nilai2 keislaman sebab kebutuhan dan manfaatnya bernuansa keislaman dan membuka ruang u berfikir kebesaran sang Maha Kuasa. Di dlm pemahaman masyarakat sll saja mrk mendikotomi Ilmu pengetahuan pd zaman skrg.. Sehingga mrk memisahkan Ilmu Agama dan Ilmu Umum, seolah2 ada jarak atau jurang pemisah y sangat lebar dan dalam diantara Ilmu tersebut. Cara berfikir inilah y harus kita rubah.
Al Quran adalah Kunci dr segala Ilmu pengetahuan serta mukjizat y sangat luar biasa. Di dlm Islam, Ilmu itu tdk dikotomi sehingga Ilmu itu menjadi satu dan saling berhubungan serta menguatkan antara satu dgn y lainnya.. Oleh krn itu subtansi dr Ilmu2 y ada di dunia ini, ujung2nya mengarah kpd Al Quran. Sebagai contoh : dlm sebuah Universitas memiliki beberapa Fakultas, seperti Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Agama, dll. Diantara masing-masing fakultas tersebut memiliki ciri dan khas tersendiri. Akan ttp klo kita ingin teliti dan membuka mata kepala, diantar fakultas2 trsb menginduk pd Al Quran. Sehingga di dlm Islam tdk mendikotomi Ilmu2 tersebut sebab pd akhirnya kembali kpd Al Quran.
- Fakultas Hukum,
وَإِنْ خِفْتُمْ شِقَاقَ بَيْنِهِمَا فَابْعَثُوا حَكَمًا مِّنْ أَهْلِهِ وَحَكَمًا مِّنْ أَهْلِهَا إِن يُرِيدَا إِصْلَاحًا يُوَفِّقِ اللَّهُ بَيْنَهُمَا ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا خَبِيرًا} [النساء : 35]
"Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal". Dalam hal in jelas bahwa Fakultas Hukumlah y andil dlm perkara tersebut. Sebab hukum adalah sebuah kata sakral namun bisa mensejaterahkan masyarakat.
- Fakultas Kedokteran,
ثُمَّ خَلَقْنَا النُّطْفَةَ عَلَقَةً فَخَلَقْنَا الْعَلَقَةَ مُضْغَةً فَخَلَقْنَا الْمُضْغَةَ عِظَامًا فَكَسَوْنَا الْعِظَامَ لَحْمًا ثُمَّ أَنشَأْنَاهُ خَلْقًا آخَرَ ۚ فَتَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ
"Kemudian air mani itu Kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu Kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu Kami jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu Kami bungkus dengan daging. Kemudian Kami jadikan dia makhluk yang (berbentuk) lain. Maka Maha sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik."
Dari siklus penciptaan manusia y sangat luar biasa maka disinilah tempat Fakultas kedokteran dlm meneliti serta menganalisi secara sistematik dan subjektif siklus penciptaan tersebut.
- Fakultas Ekonomi.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ وَلا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا (٢٩)
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang Berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. dan janganlah kamu membunuh dirimu Sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu. (Q:Ansisa :29).
Ayat ini jelas bahwa salah satu tujuan Ekonomi adalah u mengembangkan serta memakmurkan suatu bangsa dgn jalur perdagangan. Oleh krn itu Fakultas Ekonomilah y andil di dlm ayat tersebut baik secara personal maupun Universal. Dan masih banyak lagi fakultas2 y sesuai dgn ayat2 di dlm Al Quran. Ini menandakan bahwa seharusnya Ilmu itu tidak dikotomi yaitu pemisahkan secara Fundamental serta tdk ada celah lagi di antara Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Dgn cara hal in sehingga tdk melahirkan pemahaman y keliru diantara Ilmu trsb.
Oleh karena itu di dalam Islam tidak mengenal dan tidak mendikotomi antara Ilmu agama dan Ilmu Umum sehingga seolah
SIKLUS PERADABAN DALAM KONTEKS SOSIOLOGI
SULIT - HEBAT - MAKMUR - MALAS - SULIT ( KACAU )
Berbicara tentang peradaban tdk lepas dr literatur Sejarah atau tinjauan Historis. Klo kita tinjau sejarah Indonesia, ada 3 Rezim, y mana masing2 ke 3 rezim trsbt memiliki warna tersendiri, cerita tersendiri serta Nostalgia y bgitu Unik. MASA ORDE LAMA atau disebut demokrasi terpimpin yaitu masa pemerintahan yg dimulai dari proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 sampai masa terjadinya G30 S PKI, Yaitu Orde Lama berlangsung dari tahun 1945 hingga 1968. Kemudian ketika Soekarno jatuh dan in adalah merupakan peristiwa politik cukup menarik dan sangat bersejarah, maka lahirlah MASA ORDE BARU y berkehendak ingin melaksanakan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen sebagai kritik terhadap orde lama yang telah menyimpang dari Pancasila.
Kemudian ketika terjadi krisis multidimensi yang dihadapi bangsa Indonesia pd waktu itu maka lahirlah MASA REFORMASI. Sehingga Presiden Habibie sebagai pembuka sejarah perjalanan bangsa pada era reformasi mengupayakan pelaksanaan politik Indonesia dalam kondisi yang transparan serta merencanakan pelaksanaan pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.
Dari Siklus masa ke masa dlm perjalanan sejarah indonesia, tdk lepas dr setitik peradaban y sangat Unik dan bgitu rumit. Klo kita lihat Siklus Peradaban dlm konteks Sosiologi yaitu SULIT - HEBAT - MAKMUR - MALAS - SULIT ( KACAU ).
Artinya apa? Yaitu adalah bahwa katika masa SULIT atau KEKACAUAN terjadi disuatu negara maka akan muncul org2 y hebat, pahlawan y tangguh, dan tdk manja serta berani dlm menjalankan tugas, apapun rintangannya selama itu kebenaran. Nah ketika Org2 hebat muncul dlm situasi y sulit maka akan dtng KEMAKMURAN dan KESEJAHTERAAN disebabkan oleh orgw y hebat itu.
Ketika KEMAKMURAN itu dtng maka Lahirlah Sifat MALAS (malas bekerja, dll) disebabkan KEMAKMURAN dan KESEJAHTERAAN itu. Nah ketika sifat MALAS itu lahir maka kembalilah Peradaban itu ke masa semula yaitu masa SULIT dan KEKACAUAN. Begitulah gambaran siklus Peradaban y begitu unik dan rumit. Sehingga sejarah Indonesia tdk lepas dr siklus tersebut y penuh dinamika.
Oleh krn itu selama bumi, jam, dan siang serta mlm itu berputar maka bg2lah juga siklus peradaban berputar dan akhirnya kembali ke masa y lalu. Jgn salahkan waktu tp salahkan y melewatinya.. Itulah gambaran dr setitik Sejarah kehidupan Rakyat Indonesia.
ISLAM DAN DIABOLISME INTELEKTUAL
Diabolos adalah iblis dalam bahasa Yunani kuno (Greek). Maka istilah 'diabolisme' berarti pemikiran, watak dan perilaku ala iblis ataupun pengabdian kepadanya. kendati terbilang sangat dekat dan kenal sekali dengan Tuhan, ia dikutuk dan dihalau karena menolak sujud kepada Adam.
Ia memang bukan atheist dan bukan pula agnostik. Iblis jelas mengakui adanya Tuhan dan tidak mengingkari ketunggalan-Nya. Tetapi, mengapa ia dilaknat dan disebut 'kafir'? Di siniliah letak persoalannya.
Iblis adalah prototype intelektual 'keblinger'. Kesalahan iblis bukan karena ia tak tahu atau tak berilmu. Kesalahannya karena ia membangkang, menganggap dirinya hebat, dan melawan perintah Tuhan. Dalam hal ini, iblis tidak sendirian. Sudah banyak orang yang berhasil direkrut sebagai staf dan kroninya, berpikiran dan berperilaku seperti yang dicontohkannya.
Oleh karena itu aneka ragam diabolisme intelektual yang acapkali kita jumpai di sekitar kita, dalam sikap maupun ucapan, pemikiran maupun perbuatan.
Selasa, 07 November 2017
KAPASITAS DAN OTORITAS AKAL
Alat pertama dan y utama u memahami suatu ajaran tdk lain adalah akal. Oleh karena itu peran akal fikiran ini semakin kuat dan semakin meningkat ketika para ulama salaf bersepakat u menjadikan institusi ijtihad sbg upaya mengerahkan kemampuan nalar u mengambil istinbath hukum dr Al Quran dan As Sunnah melalui qiyas.
Legitimasi sumber hukum y disebut dgn ijtihad ini utamanya disandarkan kpd dialog Rasulullah dgn Mu'adz bin Jabal ketika diutus ke Yaman u melaksanakan misi dakwah. Oleh karena itu begitu tingginya apresiasi islam terhadap penggunaan akal u berijtihad, dan ini merupakan suatu apresiasi dan motivasi agar muslimin menggunakan akal dlm memahami agama.
Sehingga adanya Legitimasi ijtihad sebagai suatu hukum dlm Islam, menandakan bahwa kapasitas dan spesialisasi keilmuan y ditekuni itu berbeda2, serta menandakan bhw akal manusia itu berbeda2. Nah dr segal bentuk perbedaan dlm masalah furu'iyyah maka berujunglah polarisasi Mazhab.
Oleh karena itu Keberadaan institusi ijtihad in jg memperkuat pengakuan bhw islam bukan agama dogmatis akan ttp islam adalah agama rasional tp bukan rasionalisme.
Legitimasi sumber hukum y disebut dgn ijtihad ini utamanya disandarkan kpd dialog Rasulullah dgn Mu'adz bin Jabal ketika diutus ke Yaman u melaksanakan misi dakwah. Oleh karena itu begitu tingginya apresiasi islam terhadap penggunaan akal u berijtihad, dan ini merupakan suatu apresiasi dan motivasi agar muslimin menggunakan akal dlm memahami agama.
Sehingga adanya Legitimasi ijtihad sebagai suatu hukum dlm Islam, menandakan bahwa kapasitas dan spesialisasi keilmuan y ditekuni itu berbeda2, serta menandakan bhw akal manusia itu berbeda2. Nah dr segal bentuk perbedaan dlm masalah furu'iyyah maka berujunglah polarisasi Mazhab.
Oleh karena itu Keberadaan institusi ijtihad in jg memperkuat pengakuan bhw islam bukan agama dogmatis akan ttp islam adalah agama rasional tp bukan rasionalisme.
Langganan:
Komentar (Atom)
-
MAKALAH Oleh: AHMAD MUNTAZAR PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER HUKUM ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA ...
-
Dari segi pengklompokan dalil-dalil yang bertentangan, metode Imam Syafi’I terbagi menjadi dua, yaitu: 1. Metode Imam Syafi’I dalam...
-
MAKALAH Oleh : AHMAD MUNTAZAR PROGRAM PASCASARJANA MAGISTER HUKUM ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA ...
